10.8.12

Cerita Personel NOAH, dalam buku Kisah Lainnya Catatan 2010-2012


Band Noah meluncurkan buku bertajuk Kisah Lainnya Catatan 2010-2012, Kamis (9/8) kemarin, di fX Lifestyle X'nter, Jakarta.
Kisah perjalanan dan kegiatan Ariel selama mendekam di penjara, serta kisah keempat personel lainnya yang setia menunggu Ariel bebas, terangkum jelas dalam buku Kisah Lainnya Catatan 2010-2012.

Penulisan materi buku Kisah Lainnya sudah dilakukan personel Noah sejak tahun 2010. Namun, karena mengalami proses revisi tiga kali dan pengumpulan materi tambahan, hingga akhirnya diproduksi total menghabiskan waktu dua bulan.


Buku Kisah Lainnya mulai disebar melalui toko buku Gramedia mulai 5 Agustus 2012 kemarin, dan mengalami cetak ulang.

"Begitu buku mulai disebar disejumlah toko, pada 5 Agustus, penerbit memutuskan mencetak ulang. Cetakan pertama ternyata tidak mampu memenuhi permintaan pasar," ucap Pax Benedanto, General Manager Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).

"Bahkan, 2.000 eksemplar buku bertanda tangan lima personel Noah lewat pre-order habis dalam waktu seminggu," tambah pihak penerbit.


Seaneh apa pun kehidupan saya, saya tetap menyukurinya karena kehidupan itu sendiri sebenarnya adalah sebuah keajaiban. Bareskrim, Kebon Waru adalah tempat mempersiapkan diri. Kami akan meneruskan perjalanan. -Ariel     

Pernyataan Ariel tersebut tertulis di bagian sampul belakang buku yang berjudul Kisah Lainnya: Catatan 2010–2012 yang ditulis lima personel band Noah, Ariel, Uki, Lukman, Reza, dan David. 

Buku yang bersampul merah itu berisi apa saja yang selama ini tidak terucap, tentang Ariel dan tentang personel eks Peterpan lainnya selama dua tahun terakhir. Pada bab pertama pembaca disuguhi tulisan Ariel ketika kali pertama mengetahui bahwa file video pribadinya tersebar di internet. 


Berdasar tulisan di buku itu, Ariel mengetahui kasus video porno tersebut dari asisten pribadinya, Kindi. Saat itu, dia meeting dengan Musica Studio. Dia menganggap, informasi tersebut hoax. Dia mendadak limbung ketika Kindi menyodorkan ponselnya. ”Saya merasakan napas saya tertahan. Lalu, saya merasakan kepala saya seperti hendak meledak,” tulis pria yang bernama asli Nazriel Irham tersebut.

Setelah itu, praktis hidupnya berubah. Hari-harinya tidak lagi tenang. Selanjutnya, dia menuliskan segala yang selama ini tidak diceritakan media. Dia menggambarkan ketakutannya saat menghadapi masalah tersebut, bersembunyi, sampai akhirnya memutuskan untuk menghadapinya. Selain kasus yang dihadapi Ariel, buku itu menceritakan perjalanan Peterpan. 


Ketika menulis buku tersebut, apakah Ariel tidak takut jika bagian gelap hidupnya saat menghadapi kasus hukum itu terkuak lagi? Bukankah itu berarti bahwa lukanya akan kembali diungkit? ”Saya tidak takut. Alhamdulilah, sejauh ini, saya bisa mengatasinya,” ujarnya.

Tujuan buku itu ditulis, kata Ariel, adalah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang selama ini tidak terjawab. Buku tersebut dibuat supaya orang bisa mengenal lima penulisnya secara lebih dekat di luar konteks band. ”Buat fans terutama. Dengan demikian, mereka lebih tahu siapa kami,” terangnya.

Di buku ini, porsi tulisan Ariel memang paling banyak. Hampir semua ditulis untuk membunuh waktu di balik jeruji. Lucunya, tulisan yang dibuat di penjara tidak berupa naskah jadi. Selama jadi tahanan Bareskrim dan Rutan Kebon Waru Bandung, mantan pacar Luna Maya itu lebih banyak menulis puisi. Dari puisi-puisi itulah kemudian tulisannya bisa dibuat. ”Saya lebih gampang menulis puisi dan menggambar sketsa,” ungkapnya. 

Setelah dibaca banyak orang, lima personel Noah berharap, buku mereka bisa diterima meski tidak semua kisah ditulis. ”Kami pilah-pilah. Yang tidak bermanfaat tidak kami masukkan di buku tersebut,” ungkap Lukman.

Apa pun itu, mereka ingin tetap didukung dalam berkarya, seperti keluarga yang senantiasa mendukung apa pun yang terjadi di band mereka. ”Keluarga saya, orang tua saya, dan istri saya tetap melihat saya sebagai anak dan suami. Mereka percaya saya dan tidak memedulikan omongan orang di luar sana,” tegas Lukman.

SILAKAN SOBAT GUNAKAN FACEBOOK COMMENT di bawah ini: